WAKIL KETUA MA YUDISIAL TERPILIH : “SATUKAN LANGKAH DEMI WUJUDKAN BADAN PERADILAN YANG AGUNG”

Dr.H.M-Syarifuddin,-SH.,-MH

JAKARTA-HUMAS, Kamis, 14 April 2016 MA selenggarakan pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial. Hal ini terkait dengan akan berkahirnya masa tugas Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Prof.Dr.Mohammad Saleh, SH., MH pada akhir april 2016 mendatang.

“Hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang dan untuk menghindari kekosongan jabatan. Terlebih Jabatan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial merupakan jabatan vital dimana mengurusi urusan teknis dalam penyelesaian perkara” ungkap Ketua MA, Prof.Dr.M. Hatta Ali, SH., MH usai acara pemilihan.

Dalam pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial MA setiap hakim agung berhak untuk dicalonkan dan mencalonkan dirinya. Diikuti oleh 46 hakim agung dari total 47 hakim agung, jumlah ini dinyatakan sah memenuhi kuorum. Dimana kuorum dinyatakan memenuhi syarat apabila dihadiri 2/3 dari jumlah hakim agung.

Putaran Pertama, terpilih lima nama kandidat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial yaitu : Dr.H.M Syarifuddin, SH., MH, Dr. Andi Samsan Nganro, SH., MH, Suhadi SH., MH, Soltony Mohdally, SH., MH dan Prof.Dr.Abdul Manan, SH., S.IP. Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Muda Pengawasan MA unggul dengan mengumpulkan 19 suara.

Dalam pasal 7 SK KMA NO 45/SK/KMA/III/2016 tentang tata tertib pemilihan, apabila tidak tercapai suara 50% ditambah 1 (satu) kartu suara yang sah, maka calon Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial yang telah mendapatkan suara terbanyak urutan 1 dan 2 diminta kesediaan untuk dicalonkan sebagai calon Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial dan apabila salah satu calon menyatakan tidak bersedia maka urutan suara terbanyak 3 menggantikan posisi dari yang mundur.

Selengkapnya : MAHKAMAH AGUNG